7 Kerajaan Islam Tertua di Indonesia

0
934
7 Kerajaan Islam Tertua Di Indonesia

7 Kerajaan Islam Tertua di Indonesia, sejak abad ke 13 Islam sudah masuk ke Nusantara, sejak saat itu ajaran Islam sudah diadaptasi sejumlah kesultanan dan akhirnya melahirkan banyak kerajaan Islam, demikian dari tahun ke tahun perkembangan Islam di Indonesia semakin pesat bermuara dari perdagangan pembauran hingga ke sistem pemerintahan saat itu.

7 Kerajaan Islam Tertua di Indonesia, di Indonesia diperkirakan kejayaannya berlangsung antara abad ke-13 sampai dengan abad ke-16. Kerajaan-kerajaan tersebut timbul didorong oleh maraknya lalu lintas perdagangan laut dengan pedagang-pedagang Islam dari Arab, India, Persia, China, dll. Kerajaan tersebut dapat dibagi menjadi berdasarkan wilayah pusat pemerintahannya, yaitu di Sumatera, Jawa, Maluku, dan Sulawesi.

REKOMENDASI KAMI
Buku Pendidikan Agama SD Kurikulum 2013 Revisi 2017

Inilah 7 Kerajaan Islam Tertua di Indonesia

  • Perlak (840-1292 M)
    Terletak di Aceh Timur, Kerajaan Islam tertua ini akhirnya bergabung dengan Kerajaan Samudra Pasai
  • Ternate (1257-1950 M)
    Mulai pertengahan abad ke-15 Islam di adopsi secara total oleh kerajaan dan penerapan syariat Islam di berlakukan.
  • Samudra Pasai (1267-1521 M)
    Terletak di Aceh Utara. Islam masuk nusantara pada abad ke-13 ditandai dengan penemuan makam Sultan Malik as-Saleh pada 1297 M.
  • Pagaruyung (1347-1825 M)
    Kerajaan terletak di Sumatera Barat, Islam masuk pada abad ke-14 dan mulai berkembang pada abad ke-16.
  • Malaka (1405-1511 M)
    Kerajaan ini berdiri di Malaka, Malaysia dan Riau Indonesia pada 1409 M, Islam sudah diterapkan sebagai hukum kerajaan.
  • Cirebon (1430-1677 M)
    Terletak di Jawa Barat. Pada tahun 1479 M, dibawah pimpinan Sultan Gunung Jati, Islam disebarkan di seluruh wilayah Jawa Barat
  • Demak (1475-1548 M)
    Demak menjadi tempat berkumpulnya para wali seperti Sunan Kali Jaga, Muria, Kudus dan Bonang, sebagai pusat penyebaran Islam
REKOMENDASI KAMI
Tema Sekolah 5 Hari Pendidikan Karakter

Perkembangan Islam di Indonesia

Setelah kerajaan Hindu Budha di Indoensia mulai surut, mulailah berdiri kerajaan islam di Indonesia. Agama islam pertama masuk ke Indonesia sekitar abad ke 13 Masehi. Kebudayaan islam mulai masuk melalui para pedagang dari Arab, Persia, Gujarat (India), dan China.

Setelah itu, perkembangan islam di Indonesia secara singkat dan pesat dengan munculnya kerajaan-kerajaan islam tersebut. Hal itu bisa terlihat dengan mulai berdirinya kerajaan islam yang menjadi salah faktor dalam penyebaran islam di Indonesia. Di bawah ini ada ulasan mengenai beberapa kerajaan islam yang mulai berdiri di Indonesia dan berkembang.
Simak Video berikut ini….