Aplikasi Raport Kurikulum 2013 Revisi Kelas 5 Semester 2

0
3052
Aplikasi Raport Kurikulum 2013 Revisi Kelas 5 Semester 2

Aplikasi Raport Kurikulum 2013 Revisi Kelas 5 Semester 2, aplikasi penilaian dan raport k13 revisi tahun 2017 kelas 5 SD/MI Semester dua atau genap, dengan format penilaian dan raport serta deskripsi otomatis disertai kompetensi dasar yang sudah diinput sehingga menghasilkan deskripsi secara otomatis dan yang pasti aplikasi ini gratis, sesuai dengan panduan penilaian terbaru.

Aplikasi Raport Kurikulum 2013 Revisi Kelas 5 Semester 2. Apakah cara penilaian nya baru? Secara penilaian hampir sama dengan semester 1 nya tak ada perbedaan yang signifikan dari hasil perubahan yang ada namun perlu di perhatikan saja cara penggunaan aplikasi ini yang sering kali salah dalam menggunakan hingga tak berjalan dengan ideal.

  • Ekstrak file unduhan dari rar, Saat buka aplikasi enable kan macro excelnya
  • Isi data sekolah secara lengkap
  • Isi data siswa
  • Tanggal penerimaan raport
  • KKM
BACA
Aplikasi Raport Kurikulum 2013 Revisi Kelas 2 Semester 2

Cara Penggunaan Aplikasi Raport Kurikulum 2013 Revisi Kelas 5 Semester 2

Isian data diatas diutamakan lebih awal, cara pengisian nilai masih sama, namun kami hanya kembali mengingatkan, tentang teknik penilaian, Penilaian sikap terdiri atas penilaian utama dan penilaian penunjang. Penilaian utama diperoleh dari hasil observasi harian yang ditulis di dalam jurnal harian. Penilaian penunjang diperoleh dari penilaian diri dan penilaian antarteman, hasilnya dapat dijadikan sebagai alat konfirmasi dari hasil penilaian sikap oleh pendidik.
Teknik penilaian yang digunakan adalah observasi melalui wawancara, catatan anekdot (anecdotal record), dan catatan kejadian tertentu (incidental record) sebagai unsur penilaian utama.
Dalam pelaksanaan penilaian sikap, pendidik dapat merencanakan indikator sikap yang akan diamati sesuai dengan karakteristik proses pembelajaran yang akan dilakukan, misalnya perilaku kerjasama dalam diskusi kelompok dan kerapihan dalam praktikum.

Teknik penilaian pengetahuan menggunakan tes tertulis, lisan, dan penugasan. 1) Tes Tertulis Tes tertulis adalah tes yang soal dan jawabannya secara tertulis, antara lain berupa pilihan ganda, isian, benar-salah, menjodohkan, dan uraian. Instrumen tes tertulis dikembangkan dengan mengikuti langkah-langkah berikut.
• Melakukan analisis KD.
• Menyusun kisi-kisi soal sesuai dengan KD.
• Menulis soal berdasarkan kisi-kisi dan mengacu pada kaidah-kaidah penulisan soal. • Menyusun pedoman penskoran.
• Melakukan penskoran berdasarkan pedoman penskoran.
2) Tes Lisan Tes lisan berupa pertanyaan-pertanyaan, perintah, kuis yang diberikan pendidik secara lisan dan peserta didik merespon pertanyaan tersebut secara lisan. Tes lisan bertujuan menumbuhkan sikap berani berpendapat, mengecek penguasaan pengetahuan untuk perbaikan pembelajaran, percaya diri, dan kemampuan berkomunikasi secara efektif. Langkah-langkah pelaksanaan tes lisan sebagai berikut:
• Melakukan analisis KD.
• Menyusun kisi-kisi soal sesuai dengan KD.
• Membuat pertanyaan atau perintah.
• Menyusun pedoman penilaian
• Memberikan tindak lanjut hasil tes lisan

Download Aplikasi Penilaian dan Raport Kelas 5 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi

3) Penugasan Penugasan adalah pemberian tugas kepada peserta didik untuk mengukur pengetahuan dan memfasilitasi peserta didik memperoleh atau meningkatkan pengetahuan. Tugas dapat dikerjakan secara individu atau kelompok sesuai karakteristik tugas. Tugas tersebut dapat dilakukan di sekolah, di rumah, atau di luar sekolah.

BACA
Aplikasi Penilaian Kurikulum 2013 Kelas 4 SD Semester 2 Revisi 2017

Penilaian Keterampilan Penilaian keterampilan (KD dari KI-4) dilakukan dengan teknik penilain kinerja, penilaian proyek, dan portofolio. Penilaian keterampilan menggunakan angka dengan rentang skor 0 sampai dengan 100, predikat, dan deskripsi.
1) Penilaian Kinerja Penilaian kinerja (performance assessment) adalah penilaian yang menuntut peserta didik untuk mendemonstrasikan dan mengaplikasikan pengetahuannya ke dalam berbagai macam konteks sesuai dengan kriteria yang diinginkan. Pada penilaian kinerja, penekanannya dapat dilakukan pada proses atau produk. Penilaian kinerja yang menekankan pada produk disebut penilaian produk, misalnya poster, puisi, dan kerajinan. Penilaian kinerja yang menekankan pada proses disebut penilaian praktik, misalnya bermain sepak bola, memainkan alat musik, menyanyi, melakukan pengamatan menggunakan mikroskop, menari, bermain peran, dan membaca puisi.
2) Penilaian Proyek Penilaian proyek merupakan kegiatan penilaian terhadap suatu tugas yang harus diselesaikan dalam periode/waktu tertentu. Tugas tersebut berupa rangkaian kegiatan mulai dari perencanaan, pengumpulan data, pengolahan data, dan pelaporan. Pada penilaian proyek ada 4 (empat) hal yang perlu dipertimbangkan,

BACA
Aplikasi Raport Kurikulum 2013 Revisi Kelas 1 Semester 2

Download