Buku Guru Kelas 1 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017

0
463
Buku Guru Kelas 1 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017
Buku Guru Kelas 1 Kurikulum 2013 Semester 2 Revisi tahun 2017 jenjang sekolah dasar memiliki dua fungsi, yaitu sebagai petunjuk penggunaan Buku Siswa dan sebagai acuan kegiatan pembelajaran di kelas. Mengingat pentingnya buku ini, disarankan memperhatikan petunjuk sebagai berikut.

Panduan Buku Guru Kelas 1 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017

  1. Bacalah halaman demi halaman dengan teliti.
  2. Pahamilah setiap kompetensi dasar yang dikaitkan dengan tema. 3. Upayakan untuk mencakup kompetensi pada sikap spiritual dan sikap sosial dalam semua kegiatan pembelajaran. Guru diharapkan melakukan penguatan untuk mendukung pembentukan sikap, pengetahuan, dan perilaku positif.
  3.  Dukunglah ketercapaian kompetensi pada sikap spiritual dan sosial dengan kegiatan pembiasaan, keteladanan, dan budaya sekolah.
  4. Cocokkanlah setiap langkah kegiatan yang berhubungan dengan Buku Siswa sesuai dengan halaman yang dimaksud.
  5. Mulailah setiap kegiatan pembelajaran dengan memberikan pengantar sesuai tema pembelajaran. Lebih baik lagi jika dilengkapi dengan kegiatan pembukaan yang menyenangkan dan membangkitkan rasa ingin tahu siswa. Misalnya, bercerita, mengajukan pertanyaan yang menantang, menyanyikan lagu, menunjukkan gambar dan sebagainya. Demikian juga pada saat menutup pembelajaran. Pemberian pengantar pada setiap perpindahan subtema dan tema menjadi faktor yang sangat penting untuk memaksimalkan manfaat dan keberhasilan pendekatan tematik terpadu yang diuraikan dalam buku ini.
  6. Kembangkan ide-ide kreatif dalam memilih metode pembelajaran. Termasuk di dalamnya menemukan kegiatan alternatif apabila kondisi yang terjadi kurang sesuai dengan perencanaan (misalnya siswa tidak bisa mengamati tanaman di luar kelas pada saat hujan).

Buku Guru Kelas 1 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017 PDF

  1. Pilihlah beragam metode pembelajaran yang akan dikembangkan (misalnya bermain peran, mengamati, bertanya, bercerita, bernyanyi, menggambar, dan sebagainya). Penggunaan beragam metode tersebut, selain melibatkan siswa secara langsung, diharapkan juga dapat melibatkan warga sekolah dan lingkungan sekolah.
  2. Kembangkanlah keterampilan berikut. a. Pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAIKEM). b. Keterampilan bertanya yang berorientasi pada kemampuan berpikir tingkat tinggi. c. Keterampilan membuka dan menutup pembelajaran. d. Keterampilan mengelola kelas dan pajangan kelas.
  3. Gunakanlah media atau sumber belajar alternatif yang tersedia di lingkungan sekolah. Tema 5: Pengalamanku vii
Artikel Terkait:  Buku Kelas 1 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester 1
  1. Pada setiap semester terdapat 4 tema. Tiap tema terdiri atas 4 subtema. Setiap subtema diurai ke dalam 6 pembelajaran. Satu pembelajaran dialokasikan untuk 1 hari.
  2. Perkiraan alokasi waktu dapat merujuk pada struktur kurikulum. Meskipun demikian, alokasi waktu menurut mata pelajaran hanyalah sebagai petunjuk umum. Guru diharapkan menentukan sendiri alokasi waktu berdasarkan situasi dan kondisi di sekolah dan pendekatan tematik terpadu.

Download Buku Guru Kelas 1 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017 PDF

  1. Hasil unjuk kerja siswa yang berupa karya dan bukti penilaian dapat berfungsi sebagai portofolio siswa.
  2. Buatlah catatan refleksi setelah satu subtema selesai, sebagai bahan untuk melakukan perbaikan pada proses pembelajaran selanjutnya. Misalnya faktor-faktor yang menyebabkan pembelajaran berlangsung dengan baik, kendala-kendala yang dihadapi, dan ide-ide kreatif untuk pengembangan lebih lanjut.
  3. Libatkan semua siswa tanpa kecuali dan yakini bahwa setiap siswa cerdas dengan keunikan masing-masing. Dengan demikian, pemahaman tentang kecerdasan majemuk, gaya belajar siswa, serta beragam faktor penyebab efektivitas dan kesulitan belajar siswa, sangat dibutuhkan.
Artikel Terkait:  Buku Kelas 1 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester 2
  1. Demi pencapaian tujuan pembelajaran, diperlukan komitmen guru untuk mendidik sepenuh hati (antusias, kreatif, penuh cinta, dan kesabaran). Kegiatan Bersama Orang Tua Secara khusus, di setiap akhir pembelajaran pada Buku Siswa, terdapat kolom untuk orang tua dengan subjudul ‘Kegiatan Bersama Orang Tua’. Kolom ini berisi informasi tentang aktivitas belajar yang dapat dilakukan siswa bersama orang tua di rumah. Orang tua diharapkan berdiskusi dan terlibat dalam aktivitas belajar siswa. Guru perlu membangun komunikasi dengan orang tua sehubungan dengan kegiatan pembelajaran yang akan melibatkan orang tua dan siswa di rumah. Beberapa Singkatan Nama Mata Pelajaran dan Kepanjangannya
  • SBdP : Seni Budaya dan Prakarya
  • PPKn : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
  • PJOK : Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

Buku Guru Kelas 1 Tema 5 Pengalamanku edisi 2017
Buku Guru Kelas 1 Tema 6 Lingkungan Bersih, Sehat dan Asri edisi 2017
Buku Guru Kelas 1 Tema 7 Benda, Hewan dan Tanaman di sekitarku edisi 2017
Buku Guru Kelas 1 Tema 8 Peristiwa Alam edisi 2017