Fungsi Fitur Rumah Belajar Kemdikbud

2
1209

Fungsi Fitur Rumah Belajar Kemdikbud, sumber belajar, buku sekolah elektronik,bank soal,laboratorium maya,peta budaya, wahana jelajah angkasa, pengembangan keprofesian berkelanjutan, kelas maya dan fiture pendukung, Portal Edukasi Berkualitas, Portal rumah belajar milik Pustekkom Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang beralamat di belajar.kemdikbud.go.id memiliki berbagai konten pendidikan dalam pembelajaran, secara online maupun bisa diunduh secara offline, diakses via dekstop atau smarthphone.

Fungsi Fitur Rumah Belajar Kemdikbud, sebagai portal rumah belajar memang sangat di khususkan untuk sekolah di seluruh Indonesia, semua jenjang, TK/PAUD/, SD, SMP,SMA,SMK, Umum dan SLB begitu lengkapnya konten yang tersaji sehingga memanjakan penggunan dalam melakukan aktifitas belajar/mengajar e-learning baik secara online maupun offline dapat digunakan secara aman dan nyaman tentu.

REKOMENDASI KAMI
Kemdikbud Rilis Fiture Karya Bahasa Dan Sastra Buku Digital Referensi Terlengkap

Inilah Fungsi Fitur Rumah Belajar Kemdikbud

Fungsi Fiture Rumah Belajar Kemdikbud

Sebelum bapak/Ibu menggunkan berbagai fiture yang disediakan rumah belajar kemdikbud yang bisa di akses di sini klik https://belajar.kemdikbud.go.id/Dashboard/ sangat di sarankan terlebih awal bapak/ibu melakukan registrasi atau/daftar sebagai anggota dan jika selesai silahkan login, untuk menggunakan berbagai menu yang tersedia, berikut sedikit penjelasan tentang menu-menu yang ada di portal rumah belajar kemdikbud.

Sumber belajar

Menu Sumber Belajar: Sumber Portal Rumah Belajar Kemdikbud

Sumber Belajar menyajikan materi ajar bagi siswa dan guru berdasarkan kurikulum. Materi ajar disajikan secara terstruktur dengan tampilan yang menarik. Sumber Belajar disajikan dalam gambar, video, animasi, simulasi dan permainan (game online), tak hanya sampai disitu konten yang disajikan berupa media pembelajaran multimedia interaktif yang bisa digunakan secara online maupun offline,unduh jika akses internet sulit, namun disarankan instal adobe flash player walau banyak tersedia yang sudah dalam bentuk html5 sehingga via smarthpone bisa pula digunakan.

Buku Sekolah Elektronik

Icon Menu BSE: Sumber Portal Rumah Belajar Kemdikbud

Buku-buku dalam bentuk pdf, softcopy kurikulum 2013, BSE KTSP baik buku penunjang lainnya dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah dalam buku sekolah elektronik tersaji, juga sama dengan menu sumber belajar bisa diakses secara online maupun offline silahkan registrasi untuk mengunduh buku-buku yang telah disediakan di fiture buku sekolah elektronik, tersaji semua jenjang sekolah, juga disediakan berbagai software pendukung untuk memudahkan pengguna jika ada kesulitan menggunakan nya.#Pembatik2018Kalsel

REKOMENDASI KAMI
Guru SD Net Diberikan Anugerah Peduli Pendidikan Dari Kemdikbud

Pemanfaatan Fitur Rumah Belajar Kemdikbud Lainnya

Fungsi Fitur Rumah Belajar Kemdikbud

Bank Soal

Icon Menu Bank Soal: Sumber Portal Rumah Belajar Kemdikbud

Bank soal berisi soal‐soal untuk uji kemampuan yaitu sekumpulan soal soal yang dapat digunakan untuk berbagai ujian latihan, ulangan, ujian nasional, tugas,kuis.Sasaran jenjang Soal Bank tas diperuntukan SD (4,5 Dan Kelas 6), SMP, SMA yang diinginkan. Matapelajaran yang tersedia Mata Pelajaran yang tersedia di Bank Soal yaitu Matematika, IPA (Fisika, Kimia, dan Biologi), IPS (Sejarah, Ekonomi, Akuntansi, Dan Geografi), Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggis.

Layanan bank bisa digunakan untuk membantu guru dan orang-orang dalam konteks belajar proses mengajar materi yang sudah dilatih atau diikuti siswa. Materi yang dikembangkan pada bank soal sudah memperhatikan tingkat kesulitan yang secara teratur memberikan wawasan dalam pendidikan. Model pemanfaatannya dapat dilakukan melalui sistem kelas, dimana siswa diminta untuk memilih jumlah yang tepat pada materi tertent dan menjawab dengan batasan waktu. Pada akhir sesi, evaluasi dapat langsung dilakukan oleh siswa dan juga dapat dilakukan secara langsung. Melalui model seperti ini, maka proses pengembangan bahan soal oleh guru dapat dipersingkat dan memberikan suasana belajar yang lebih interaktif.#Pembatik2018Kalsel

Laboratorium Maya

Icon Menu Lab Maya: Sumber Portal Rumah Belajar Kemdikbud

Laboratorium Maya menyajikan kumpulan simulasi pembelajaran yang disajikan secara interaktif dan menarik. Laboratorium Maya dapat dimanfaatkan secara online maupun offline, Lab Maya didefinisikan sebagai ‘percobaan laboratorium tanpa laboratorium nyata dengan dinding dan pintu’. Hal ini memungkinkan pelajar untuk menghubungkan antara aspek teoritis dan yang praktis, tanpa kertas dan pena. Hal ini secara elektronik diprogram dalam komputer untuk mensimulasikan percobaan nyata di dalam laboratorium nyata. Model dilengkapi dengan contoh lembar kerja siswa, referensi materi, dan panduan pemanfaatan

Peta Budaya

Icon Menu Peta Budaya: Sumber Portal Rumah Belajar Kemdikbud

Peta Budaya merupakan kumpulan budaya dari seluruh Indonesia. Peta Budaya disajikan dalam gambar, video, animasi dan permainan (game online), pada tiap peta yang tersaji setiap provinsi nya bisa di klik, dan disitu pula ditunjukkan berbagai foto dan video kegiatan kebudayaan daerah setempat seluruh Indonesia, Model dapat dimanfaatkan secara online maupun offline…Kerena kan?

Fungsi Menu Rumah Belajar Kemdikbud

Fungsi Fiture Rumah Belajar Kemdikbud

Wahana Jelajah Angkasa

Icon Wahana Jelajah Angkasa: Sumber Portal Rumah Belajar Kemdikbud

Sarana belajar tentang ruang angkasa, jika saja semua daerah dekat dengan lokasi atau banyak pengahsilan dan bisa berkunjung ke Pustekkom Kemdikbud tentunya langsung saja ke Pustekkom untuk melihat secara langsung Wahana Jelajah Angkasa yang begitu canggihnya, namun jangan berkecil hati bagi yang jauh, dan juga sulit untuk bisa ke ke kantor pustekkom kemdikbud maka silahkan akses portal rumah belajar kemdikbud.

Pengembangan Profesi Berkelanjutan

Icon Menu PKB: Sumber Portal Rumah Belajar Kemdikbud

Pengembangan Profesi Berkelanjutan (PKB) merupakan salah satu fasilitas yang tersedia pada Portal Rumah Belajar. PKB mencakup kegiatan pendidikan dan pelatihan yang dapat diambil oleh guru, tenaga kependidikan dan aparatur sipil negara secara online. Fitur ini terdiri dari rangkaian diklat sesuai dengan bidang kompetensi yang ingin ditingkatkan. Setiap pengguna dapat mengakses aplikasi melalui web.  Sarana Pendidikan dan Pelatihan Jarak Jauh Online bagi penyelenggara pendidikan dan pelatihan di lingkungan Kemdikbud maupun non Kemdikbud untuk pendidik dan tenaga kependidikan dan kebudayaan dan tenaga profesi lainnya.

Kelas Maya

Kelas Maya merupakan learning management system (LMS) yang dikembangkan secara khusus untuk memfasilitasi terjadinya pembelajaran virtual antara siswa dan guru kapan saja dan dimana saja.

Baca juga

Pelibatan Keluarga pada Penyelenggaraan Pendidikan di Era Kekinian

Fitur Pendukung di Rumah Belajar
Icon Karya Guru: Sumber Portal Rumah Belajar Kemdikbud

Karya Guru & Komunitas
Kumpulan materi ajar yang dikembangkan oleh guru dan komunitas. Materi ajar dikembangkan dalam multiplatform dan berbasis multimedia

Icon Menu Karya Bahasa dan Sastra: Sumber Portal Rumah Belajar Kemdikbud

Karya Bahasa dan Sastra
Kumpulan karya bahasa sastra berupa puisi, prosa, dan referensi (kamus) yang dapat diunduh atau dibaca secara online.

Dan jangan lupa ada Program Duta Rumah Belajar ini sangat menarik setiap tahunya banyak guru yang mengikuti seluruh Indonesia, dalam kegiatannya menggunakan sistem online dan tatap muka membuat belajar TIK lebih aktif hingga lolos berbagai level, dalam program duta rumah belajar ada 4 level, Program kegiatan ini adalah sebagai berikut:

  1. Mendapatkan Program Peningkatan Kompetensi TIK
  2. Mengikuti Seminar Pemanfaatan TIK di Jakarta
  3. Mendapatkan Piagam Penghargaan
  4. Diumumkan di Rumah Belajar
  5. Ikut menjadi Trainer Rumah Belajar di lokasi Tim Rumah Belajar mengadakan fasilitasi.

Fungsi Fitur Rumah Belajar Kemdikbud Saatnya mendaftar di Rumah Belajar & Simpatik

  • Buka https://belajar.kemdikbud.go.id
  • Buka https://belajar.kemdikbud.go.id/pelatihan

Sumber info: Presentasi Pustekkom Kemdikbud.

#DutaRumahBelajar2018#Pembatik2018Kalsel#Pembatik2018KalimantanSelatan#Kalsel

Berikut info motion graphics Fungsi Fiture Rumah Belajar Kemdikbud
#DutaRumahBelajar2018#Pembatik2018Kalsel