Beranda Download Kisi Kisi Ujian Sekolah Non Mapel USBN

Kisi Kisi Ujian Sekolah Non Mapel USBN

3138
0
Kisi Kisi Ujian Sekolah Non Mapel USBN

Kisi Kisi Ujian Sekolah Non Mapel USBN, kisi-kisi US SD/MI bukan mata pelajaran USBN yang diluar itu kita ketahui mapel IPS,PKN, PAI,PJOK, SBK dsb dengan kurikulum irisan yaitu kurikulum KTSP 2006 dan Kurikulum 2013, kisi kisi ini akan sangat bermanfaat pada kelas 6 Sekolah dasar yang mana setelah mengikuti ujian berstandar nasional maka ujian sekolah dilanjutkan di sekolah masing-masing dengan soal US yang telah ditentukan.

Kisi Kisi Ujian Sekolah Non Mapel USBN yang kami bagikan ini dengan sisipan contoh soal nantinya terdiri dari dua mata pelajaran yaitu PKN dan IPS atau ilmu pengetahuan sosial, dan selain itu kisi kisi ini juga sudah menggambarkan seluruh kegiatan pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan di sekolah.

REKOMENDASI KAMI
Kisi Kisi Ujian Sekolah 2018 Semua Mata Pelajaran

Contoh Kisi Kisi Ujian Sekolah Non Mapel USBN

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Irisan KTSP dan Kurikulum 2013

Materi
Pancasila Sebagai Idiologi Bangsa, Hak dan Kewajiban, dan Kebhinekaan Peserta didik dapat menentukan makna atau arti dari salah satu gambar simbol-simbol sila Pancasila

Indikator
Peserta didik dapat menjelaskan arti / makna atau sejarah kata “Bhinneka Tunggal Ika”
Adapula dari keberagaman suku / agama, Peserta didik dapat menentukan nilai-nilai sila Pancasila dalam fotografi tersebut.
Peserta didik dapat menyebutkan contoh sikap dalam kehidupan sehari-hari yang mencerminkan nilai-nilai sila kedua Pancasila
Peserta Didik dapat menjelaskan sejarah lahirnya Pancasila sebagai dasar Negara
Beberapa negara rumusan dasar, Peserta didik dapat menyebutkan tokoh-tokoh yang mengemukakan rumusan dasar Negara tersebut.
Peserta didik dapat menetapkan tokoh-tokoh yang berbicara dalam perumusan Dasar Negara
Peserta dapat menentukan nilai-nilai kebersamaan dalam proses perumusan dasar negara
Peserta didik dapat menyebutkan contoh hak atau kewajiban dalam kehidupan sehari-hari.
Peserta didik dapat menyebutkan contoh keberagaman (suku / budaya / bahasa) yang di daerah.
Digambar gambar salah satu budaya daerah, peserta didik dapat mencadangkan asal-usul tersebut.

REKOMENDASI KAMI
Kisi-Kisi USBN SD Tahun 2018 Irisan Kurikulum 2006 dan 2013

Materi

Sistem Pemerintahan dan Peraturan Perundang-undangan Peserta didik dapat menjelaskan pentingnya peraturan-peraturan undangan-undangan

Indikator

Peserta didik dapat mengurutkan tata peraturan sebaliknya-undangan
Peserta dapat mengidentifikasi lembaga yang menciptakan / menyusun peraturan daerah
Peserta didik dapat menyebutkan peraturan yang ditetapkan pemerintah daerah atau daerah
Peserta didik dapat Menjelaskan sistem pemerintahan di tingkat desa / kelurahan
Belum ada organisasi yang lengkap, peserta dapat menerima struktur organisasi tersebut dengan tepat.
Peserta didik dapat Menjelaskan sistem pemerintahan Provinsi atau Kabupaten / Kota
Peserta didik dapat menentukan nama pimpinan provinsi atau kabupaten / kota lokal.
Nama-nama lembaga pemerintahan, peserta didik dapat menyebutkan lembaga pemerintahan tingkat pusat.
Peserta didik dapat mengatur wewenang DPR
Peserta didik dapat mengatur wewenang MPR

Kisi kisi Ujian Sekolah SD Mapel PKN

Kisi Kisi Ujian Sekolah Non Mapel USBN

Materi
Kebebasan berorganisasi dan Keputusan Bersama

Indikator
Peserta didik dapat menjelaskan arti atau manfaat berorganisasi
Peserta dapat menentukan organisasi di lingkungan masyarakat / sekolah
Peserta didik dapat menjelaskan cara menghargai keputusan bersama.
Peserta didik dapat menjelaskan contoh penerapan nilai-nilai demokrasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
Peserta didik dapat menjelaskan asas Pemilu
Peserta didik dapat menjelaskan arti mufakat dalam musyawarah
Peserta didik dapat menandai penerapan Nilai Pancasila dalam musyawarah

REKOMENDASI KAMI
Kisi Kisi Ujian Praktek Kelas 6 SD Untuk UAS Semua Mata Pelajaran

Materi
Persatuan dan Kesatuan

Indikator
Peserta didik dapat menentukan, misalnya,
Peserta didik dapat menyebutkan contoh kegiatan dalam menjunjung persatuan dan kesatuan di lingkungan masyarakat
Peserta didik dapat menentukan nilai-nilai persatuan di masa penjajahan, pergerakan, dan dan kemerdekaan
Peserta didik dapat menyebutkan contoh sikap bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari.
Peserta didik dapat menyebutkan contoh cara menegakkan aturan di lingungan sekolah / masyarakat
Peserta didik dapat menyebutkan contoh cara menjaga ketertiban di lingungan sekolah / masyarakat

Materi
Globalisasi dan Hubungan Internasional

Indikator
Peserta didik dapat menjelaskan pengertian globalisasi
Peserta didik dapat menjelaskan penerapan globalisasi dalam kehidupan sehari-hari
Peserta didik dapat mengidentifikasi hambatan atau tantangan dalam menghadapi globalisasi
Peserta didik dapat menyebutkan manfaat kerjasama dengan Negara-negara di dunia
Peserta didik dapat menjelaskan kesenian berdirinya ASEAN
Peserta didik dapat menjelaskan tujuan berdirinya ASEAN
Peserta didik dapat menyebutkan tokoh-tokoh / negara-negara pelopor berdirinya ASEAN
Peserta didik dapat menyebutkan jumlah Negara-negara ASEAN
Peserta didik dapat menjelaskan landasan idiil / konstitusional / operasional politik luar negeri Indonesia
Peserta didik dapat menyebutkan contoh kerjasama Indonesia dengan Negara lain dalam bidang ekonomi
Peserta didik dapat menyebutkan contoh kerjasama Indonesia dengan Negara lain dalam bidang pertahanan dan sosial
Peserta didik dapat menyebutkan contoh kerjasama Indonesia dengan Negara lain dalam bidang kebudayaan
Peserta didik dapat menyebutkan contoh kerjasama Indonesia dengan Negara lain dalam bidang pendidikan

REKOMENDASI KAMI
Soal Ujian Sekolah USBN SD 2018 Sesuai Kisi-Kisi

Kisi Kisi Ujian Sekolah Mata Pelajaran IPS

Kisi Kisi Ujian Sekolah Non Mapel USBN

Materi
Kondisi wilayah lokal, peserta didik dapat menetapkan ibu kota daerah tersebut melalui simbol peta.
Indikator
Digambarkan gambar dengan ukuran (dalam cm), jarak antar daerah, peserta didik dapat mengatur skala.
Menentukan kenampakan alam paling terkenal yang ada di provinsi lokal.
Ditampilkannya kegiatan / laporan perjalanan, peserta didik dapat menentukan berbagai waktu antar wilayah.

Materi
Aktivitas masyarakat dalam pengetahuannya dengan sumber
Daya alam dan kegiatan ekonomi beberapa contoh sumber daya alam, peserta didik dapat mengelompokkan sumber daya alam berdasarkan kriteria tertentu.

Indikator
Peserta didik dapat menentukan aktivitas penduduk sesuai dengan kondisi geografis atau sumber daya alam.
Peserta didik dapat mengubah jenis kegiatan ekonomi penduduk di wilayah lokal.
Peserta didik dapat menentukan usaha dalam meningkatkan ekonomi penduduk di daerah tertentu.
Peserta didik dapat menentukan kinerja koperasi bagi perekonomian bangsa Indonesia
Menyusun beberapa ilustrasi / peserta, peserta dapat mengidentifikasi karyawan untuk anggota koperasi.
Peserta dapat mengidentifikasi alat-alat produksi modern atau tradisional.
Peserta didik dapat menentukan fitur-fitur alat teknologi atau komunikasi selama atau masa kini.
Pernyataan, peserta dapat mengidentifikasi atau mengurangi alat komunikasi tertentu.
Pernyataan, peserta dapat menentukan jumlah atau kekurangan alat transportasi tertentu.

Materi
Peninggalan sejarah dan kondisi sosial-budaya Peserta didik dapat menentukan faktor-faktor yang menyebabkan keragaman sosial di Indonesia.

Indikator
Peserta didik dapat mengeluarkan cara Menyajikan keragaman suku bangsa.
Peserta didik dapat memerhatikan asal-usul suku bangsa.
Dilaksanakan pada gambar di tempat, peserta didik dapat menentukan asal budaya yang tersedia pada gambar
Ini adalah tempat yang terdaftar di tempat-tempat, peserta dapat menentukan dengan benar.
Peserta didik dapat menentukan cara untuk peninggalan sejarah.
Peserta didik dapat menentukan peninggalan misteri masa Hindu Buddha.
Peserta didik dapat menentukan peninggalan zaman agama Islam.
Peserta didik dapat menentukan peninggalan sejarah yang ada di wilayah lokal.
Peserta didik dapat menentukan cara melestarikan peninggalan sejarah.
Berdiri gambar peninggalan sejarah, peserta didik dapat menentukan asal peninggalan sejarah tersebut.
Dinyatakan, para peserta didik dapat menunjukkan tempat peninggalan sejarah yang berskala nasional.

Download Kisi-kisi US/M Sekolah Dasar Mapel PKN dan IPS

Materi
Peranan tokoh sejarah sebelum dan pasca
Proklamasi

Indikator
Peserta didik dapat menentukan nama tokoh sejarah atau pahlawan di wilayah Lokal.
Peserta didik dapat memutuskan satu sejarah pada masa penjajahan Belanda / Jepang.
Peserta didik dapat menentukan contoh sikap gembira para pahlawan / pejuang dan masa penjajahan.
Peserta didik dapat menentukan salah satu tokoh sejarah dalam menyiapkan proklamasi kemerdekaan.
Peserta didik dapat menentukan salah satu tokoh sejarah dalam mempertahankan kebebasan
Peserta didik dapat menentukan peran tokoh sejarah setelah kemerdekaan.
Peserta didik dapat menentukan peran para pahlawan yang perlu diteladani oleh generasi bangsa Indonesia.

Download satu paket unduhan Klik disini Kisi Kisi Ujian Sekolah Non Mapel USBN

1/5 (1 Review)