Beranda Download Media Pembinaan Sekolah Dasar dari Kemdikbud

Media Pembinaan Sekolah Dasar dari Kemdikbud

1409
0
Media Pembinaan Sekolah Dasar

Media Pembinaan Sekolah Dasar dari Kemdikbud, Pelaksanaan Kurikulum 2013 secara terus menerus dikembangkan agar sesuai dengan tuntutan zaman. Kini kurikulum 2013 semakin lengkap setelah diintegrasikan dengan penguatan pendidikan karakter (PPK), sesuai dengan edaran baru dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.A.P. Hal itu dikatakan Direktur Pembinaan Sekolah Dasar, Dr. H. Khamim, M.Pd., saat membuka Bimbingan Teknis Instruktur Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Tahun 2018, Senin, 19 Februari 2018.

Media Pembinaan Sekolah Dasar, Saat ini, anak-anak semakin sulit bercengkerama dengan orang tua. “Khususnya di perkotaan, kita ibaratnya ‘manusia gelap’. Saat berangkat ke kantor di pagi hari, anak-anak masih tidur, sementara kala kita pulang, anak-anak sudah tidur, “kata Khamim membuat ilustrasi. Jika ada libur 2 hari dalam satu pekan, maka waktu pertemuan anak-anak dengan orang tua makin banyak. Untuk menyatukan penguatan pendidikan karakter dengan kurikulum 2013, Dengan daftar isi sebagai berikut:

  • Integrasi penguatan pendidikan karakter dalam kurikulum 2013
  • Contoh rencana pelaksanaan pembelajaran (rpp)
  • Penilaian terhadap siswa harus valid
  • Sekilas tentang penyelenggaraan usbn di sekolah dasar tahun pelajaran 2017/2018
REKOMENDASI KAMI
Modul Panduan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Semua Jenjang Sekolah

Contoh Isi Media Pembinaan Sekolah Dasar

Penilaian terhadap siswa harus valid pada Kurikulum 2013.

Kurikulum 2013 dilengkapi dengan adanya instrumen penilaian yang mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS/ Higher Order Thinking Skills). Kemampuan berpikir tingkat tinggi dapat mendorong peserta didik untuk berpikir secara luas dan mendalam tentang materi pelajaran. Seperti diuraikan dalam materi Bimbingan Teknis Instruktur Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar, soal-soal HOTS digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi, yaitu kemampuan berpikir yang tidak sekadar mengingat (recall), menyatakan kembali (restate), atau merujuk tanpa melakukan pengolahan (recite).

Soal-soal HOTS pada konteks assesment mengukur kemampuan berupa transfer satu konsep ke konsep lainnya; memproses dan menerapkan informasi; mencari kaitan dari berbagai informasi yang berbeda-beda; menggunakan informasi untuk menyelesaikan masalah dan menelaah ide dan informasi secara kritis. Dilihat dari dimensi pengetahuan, umumnya soal HOTS mengukur dimensi metakognitif, tidak sekadar mengukur dimensi faktual, konseptual, atau prosedural saja. “Dimensi metakognitif menggambarkan kemampuan menghubungkan beberapa konsep yang berbeda, menginterpretasikan, memecahkan masalah (problem solving), memilih strategi pemecahan masalah, menemukan (discovery) metode baru, berargumen (reasoning), dan mengambil keputusan yang tepat

REKOMENDASI KAMI
Panduan Pembuatan Soal SD Terbaru dengan HOTS

Masuknya aspek penguatan pendidikan karakter (PPK) dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 membutuhkan berbagai penyesuaian agar sejalan dengan standar kompetensi kelulusan seperti diatur dalam Permendikbud No. 20 tahun 2016. Seperti diketahui, abad 21 membutuhkan karakter siswa yang lebih kompleks, yakni berpikir kritis, berkomunikasi dengan baik, mampu berkolaborasi, serta kreatif dan komunikatif. Proses penilaian atas aktivitas pembelajaran juga harus mengikuti zaman. Kini, guru harus mampu membuat panilaian yang akurat supaya mampu menghasilkan informasi yang valid tentang kualitas siswa.

Download Panduan Media Pembinaan Sekolah Dasar

Dengan isi sebagai berikut Klik unduh DISINI

  • Integrasi penguatan pendidikan karakter dalam kurikulum 2013
  • Contoh rencana pelaksanaan pembelajaran (rpp)
  • Penilaian terhadap siswa harus valid
  • Sekilas tentang penyelenggaraan usbn di sekolah dasar tahun pelajaran 2017/2018
0/5 (0 Reviews)