Menciptakan Social Awareness pada Anak Guna Mendorong Rasa Empati di Lingkungan Sekolah

Menciptakan Social Awareness pada Anak Guna Mendorong Rasa Empati di Lingkungan Sekolah

Bimbingan dan Konseling memainkan peran sentral dalam program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Slamet Riyadi Surakarta yang memberikan mahasiswa panduan dan dukungan esensial dalam menavigasi tantangan dan kesempatan yang mereka hadapi selama berkontribusi dalam pembangunan masyarakat.

Melalui proses bimbingan yang mendalam, para mahasiswa dapat mengembangkan potensi diri dan pemahaman yang lebih baik tentang konteks sosial, memastikan dampak positif dan berkelanjutan dari program KKN bagi masyarakat yang dilayani.

Bacaan Lainnya

Pada hari Senin tanggal 31 Juli 2023 telah terlaksana program kerja oleh mahasiswi jurusan Bimbingan dan Konseling yaitu Manik Wulansih  yang bertempat di MI Muhammadiyah Wonosari-Bendungan Simo Boyolali di ruang kelas 4.

blank
Potret Sosialisasi Social Awareness Siswa di MI Muhammadiyah Wonosari-Bendungan Simo Boyolali di ruang kelas 4.

Program kerja tersebut adalah Menciptakan Social Awareness pada Anak Guna Mendorong Rasa Empati di Lingkungan Sekolah. Kegiatan ini merupakan proses yang sangat krusial karena membentuk karakter dan sikap anak yang akan membawa dampak besar pada masa depan mereka sebagai anggota masyarakat yang aktif.

Melalui pendekatan yang berfokus pada menciptakan kesadaran sosial, sekolah dapat memainkan peran penting dalam membentuk anak-anak menjadi individu yang berempati, bijaksana, dan peduli terhadap orang lain dan lingkungan mereka. Dengan demikian, mereka akan menjadi bagian dari generasi yang mampu menghadapi tantangan dunia dengan sikap positif dan konstruktif.

Sosialisasi ini sangat diterima baik oleh siswa-siswi kelas 4 dan mereka sangat antusias untuk belajar tentang nilai-nilai kesadaran sosial (social awareness). Tak hanya itu Manik Wulansih juga memberikan sebuah contoh nyata tentang kesadaran sosial sehingga siswa-siswi kelas 4 akan lebih memahami dan menguasai nilai kesadaran sosial yang akan diterapkan di sekolah maupun masyarakat.

Secara keseluruhan, Bimbingan dan Konseling dalam KKN bukan hanya sekadar proses pendampingan, tetapi merupakan investasi berharga dalam pembentukan karakter, kepemimpinan, dan pemahaman sosial bagi para masyarakat yang dilayani.

Dengan dukungan yang kuat dari Bimbingan dan Konseling, program KKN dapat terus menjadi motor penggerak yang membawa perubahan positif dan berkelanjutan bagi masyarakat yang membutuhkan.

5/5 – (11 votes)

Yuk, Kami juga Ada di Google News, KLIK DISINI!

Artikel Direkomendasikan