Beranda Download Panduan Supervisi Pembelajaran di Sekolah Dasar Dari Kemdikbud

Panduan Supervisi Pembelajaran di Sekolah Dasar Dari Kemdikbud

2404
0
Panduan Supervisi Pembelajaran Di Sekolah Dasar

Panduan Supervisi Pembelajaran di Sekolah Dasar Dari Kemdikbud, supervisi di SD, baik untuk guru, kepala SD/MI Tujuan umum adalah memberikan bantuan teknis dan bimbingan kepada guru. Supervisi diartikan sebagai layanan yang bersifat membimbing, memfasilitasi, memotivasi serta menilai guru dalam pelaksanaan pembelajaran dan pengembangan profesinya secara efektif.

Panduan Supervisi Pembelajaran di Sekolah Dasar, menyangkut bidang kepemimpinan, hubungan kemanusiaan, pembinaan proses kelompok, administrasi personil, dan bidang evaluasi. Keberhasilan sebuah program apabila pelaksanaannya dilakukan secara sungguh-sungguh, berkesinambungan, pengawasan, pendampingan serta evaluasi

REKOMENDASI KAMI
Aplikasi Supervisi Kunjungan Kelas Kurikulum 2013 dan KTSP

Buku Panduan Supervisi Pembelajaran di Sekolah Dasar

  1. Praktis, artinya mudah dikerjakan sesuai kondisi sekolah;
  2. Sistematis, artinya dikembangkan sesuai perencanaan program supervisi yang matang
  3. Objektif, artinya masukan sesuai aspek-aspek instrumen;
  4. Realistis, artinya berdasarkan kenyataan sebenarnya;
  5. Antisipatif, artinya mampu menghadapi masalah-masalah yang mungkin akan terjadi;
  6. Konstruktif, artinya mengembangkan kreativitas dan inovasi guru dalam mengembangkan proses pembelajaran
  7. REKOMENDASI KAMI
    Pendidikan Bagi Orang Tua Dalam Mendidik Anak di Era Digital

Pra Siklus
Tahap pra siklus dimulai dengan guru merasa butuh bantuan untuk meningkatkan kualitas mengajar. Pada tahap ini supervisor meyakinkan guru bahwa melalui bantuan supervisor guru akan dapat mengetahui kelebhan, kelemahan dan atau kekurangan dalam
(1) memepersiapkan kegiatan pembelajaran (RPP).
(2) Membelajarkan peserta didik mencapai kompetensi yang ditentukan dalam silabus dan RPP dengan menampilkan keterampilan mengajar yang sesuai dengan materi pelajaran.
(3) Secara terus menerus memperbaiki keteramppilan mengajar dan atau mengembangkan diri dalam menggunakan model dan stategi pembelajaran.

REKOMENDASI KAMI
Buku Panduan Kerja Kepala Sekolah dan Contoh Administrasi

b. Siklus 1
Kegiatan siklus pertama adalah guru dengan supervisor besama-sama melakukan review dokumen pembelajaran dengan cara memeriksa dokumen kurikulum yang terdiri dari standar isi dan RPP. Dari hasil review ttersebut selanjutnya supervisor menjelaskan halhal yang penting untuk diperbaiki. Selanjutnya bersama-sama memperbaiki dokumen kurikulum sampai memenuhi persyaratan baik dilihat dari substansi maupn mekanisme pembelajaran. Untuk melakukan review, supervisor dan guru dapat menggunakan instrumen

Prosedur Supervisi Pembelajaran

Program pengawasan semester merupakan penjabaran dari program pengawasan tahunan pada masing-masing sekolah binaan selama satu semester yang disusun oleh masing-masing pengawas, penyusunannya disesuaikan dengan kondisi obyektif sekolah binaanya masingmasing. Selanjutnya program semester dijabarkan secara rinci dan sistematis untuk dapat dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih, dituangkan dalam rencana pengawasan pembelajaran (RPA).

Rencana pengawasan pembelajaran merupakan penjabaran dari program semester kedalam rencana kegiatan yang disusun secara rinci yang berfungsi sebagai pedoman dalam pelaksanaan pemantauan, pembinaan, dan pembimbingan guru dalam melaksanakan tugas pokok terkait dengan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian hasil belajar dan dapat dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih.

REKOMENDASI KAMI
Instrumen Supervisi Kelas Kurikulum 2013 Untuk Sekolah Dasar

Penyusunan rencana pengawasan pembelajaran dilakukan pada setiap awal tahun pelajaran, atau awal semester dengan maksud agar RPA telah tersedia terlebih dahulu dalam setiap awal pelaksanaan supervisi pembelajaran.
a. Prinsip Penyusunan RPA Sebagai bagian dari tahapan implementasi program kerja pengawasan, penyusunan rencana pengawasan pembelajaran hendaknya memperhatikan prinsip ”SMART” (Specific, Measurable, Achievable, Realistic and Time Bound), yaitu;
Specific, artinya program yang disusun memiliki fokus yang jelas dan mencakup bidang tertentu secara khusus.
Measureable, artinya program-program dan kegiatan-kegiatan yang dipilih dapat diukur pencapaiannya.
Achieveable, artinya program-program yang dirancang memungkinkan untuk dicapai, baik dari segi waktu, biaya maupun kondisi yang ada.

Download Panduan Supervisi Pembelajaran di SD. pdf

Tahap Pelaporan dimulai dari evaluasi yang meliputi: mengidentifikasi hasil pengamatan pada saat observasi, menganalisis hasil supervisi, mengevaluasi bersama antara supervisor dengan kepala sekolah dan guru, dan membuat catatan hasil supervisi yang didokumentasikan sebagai laporan.

Keterkaitan supervisi dengan karakteristik guru dilakukan dengan menggunakan variabel pengembangan, yaitu: tingkat kompetensi/berpikir abstrak dengan tingkat komitmen guru dalam melaksanakan tugas. Melalui penggunaan variabel pengembangan itu pengawas atau kepala sekolah dapat mengadakan klasifikasi guru-guru yang ada. Pengukuran dapat dilaksanakan dengan menggunakan sebuah paradigma/model dengan menggambarkan persilangan dua garis, yaitu garis tingkat kompetensi/berpikir abstrak secara vertikal, yang bergerak dari tingkat yang rendah ke tingkat yang lebih tinggi, dan Dari garis komitmen yang secara horisontal bergerak dari tingkat rendah ke tingkat yang lebih tinggi. Atas dasar itu maka dapat dikategorikan empat sisi (kuadran) dan empat prototipe guru:

Selengkapnya Download Buku Panduan Supervisi Pembelajaran.pdf

0/5 (0 Reviews)