Tema Sekolah 5 Hari Pendidikan Karakter

0
738
Tema Sekolah 5 Hari Pendidikan Karakter

Tema Sekolah 5 Hari Pendidikan Karakter, Pemerintah dalam hal ini Kemdikbud telah memulai simulasi model implementasi program penguatan pendidikan karakter atau PPK, meski program ini tak bisa dibilang baru namun upaya untuk peningkatan nya pada penerapan disekolah terus dikembangkan lagi, hal ini berkaitan dengan 5 Tema Sekolah Pendidikan Karakter yang akan kami bagikan informasi nya.

Tahukah bapak/Ibu pemerintah telah memulai simulasi model implementasi program penguatan penguatan pendidikan karakter dengan penerapan sekolah 5 hari dalam sepekan.

REKOMENDASI KAMI
Menumbuhkan Karakter Bersahabat Pada Anak

Penerapan Tema Sekolah 5 Hari Pendidikan Karakter

Pemerintah memulai simulasi model implementasi program Penguatan Pendidikan Karakter dengan penerapan sekolah lima hari sepekan. Rincian model implementasi sekolah lima hari dalam sepekan dalam program ini tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87 yang diteken oleh Presiden Joko Widodo pada 6 September 2017.

Ya, dengan pertimbangan dalam rangka mewujudkan bangsa yang berbudaya melalui penguatan nilai-nilai religius, jujur, toleran, disiplin, bekerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan bertanggung jawab, pemerintah memandang perlu penguatan pendidikan karakter.

Perpres ini juga menyebutkan, bahwa penyelenggaraan PPK pada Satuan Pendidikan jalur Pendidikan Formal sebagaimana dimaksud dilaksanakan selama 6 (enam) atau 5 (lima) hari sekolah dalam 1 (satu) minggu.

REKOMENDASI KAMI
Modul Panduan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Semua Jenjang Sekolah

Dalam Pasal 9 ayat (2) Perpres ini menyebut ketentuan hari sekolah sebagaimana dimaksud diserahkan pada masing-masing Satuan Pendidikan bersama-sama dengan Komite Sekolah/ Madrasah dan dilaporkan kepada Pemerintah Daerah atau kantor kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang agama setempat sesuai dengan kewenangan masing-masing.

Dalam menetapkan 5 (lima) hari sekolah sebagaimana dimaksud, menurut Perpres ini, Satuan Pendidikan dan Komite Sekolah/ Madrasah mempertimbangkan: a. kecukupan pendidik dan tenaga kependidikan; b. ketersediaan sarana dan prasarana; c. kearifan lokal; dan d. pendapat tokoh masyarakat dan/atau tokoh agama di luar Komite Sekolah/Madrasah.

Tema Sekolah 5 Hari Pendidikan Karakter

  • Senin: Nasionalis
  • Selasa: Integritas
  • Rabu: Mandiri
  • Kamis: Gotong Royong
  • Jumat: Religius
  • Selain Belajar – Mengajar (Intra-Kurikuler), ada Kegiatan Pembiasaan, Ko-Kurikuler, Non-Kurikuler, dan Ekstra-Kurikuler