Beranda Guru Tujuan Pembelajaran Pengayaan Pada Siswa

Tujuan Pembelajaran Pengayaan Pada Siswa

1506
0
Penngayaan

Apa sih Pembelajaran Pengayaan itu tujuan dan gunanya bagi Guru, seperti contoh Peserta didik  yang telah mencapai kompetensi lebih cepat dari peserta didik lain dapat mengembangkan dan memperdalam kecakapannya secara optimal melalui pembelajaran pengayaan.
Pembelajaran pengayaan dapat diartikan sebagai suatu pengalaman atau kegiatan peserta didik yang telah melampaui persyaratan minimal (KKM) yang ditentukan oleh Satuan Pendidikan.

Pembelajaran pengayaan memberikan kesempatan bagi peserta didik yang memiliki kelebihan sehingga mereka dapat mengembangkan minat dan bakat serta mengoptimalkan kecakapannya.

Pengayaan merupakan penguatan pada KD tertentu dengan memberi tugas membaca, tutor sebaya, diskusi dan lain-lain

Tingkat Kelebihan Kemampuan Belajar

  •  Belajar lebih cepat
  •  Menyimpan informasi lebih mudah
  •  Keingintahuan yang tinggi 
  •  Berpikir mandiri
  •  Superior dalam berpikir abstrak 
  •  Memiliki banyak minat

Pelaksanaan Pengayaan
Pemberian pengayaan agar tepat sasaran, perlu ditempuh langkah-langkah sistematis yaitu:

  1. mengidentifikasi kelebihan kemampuan  peserta didik;
  2. memberikan perlakuan (treatment) pembelajaran pengayaan

TEKNIK IDENTIFIKASI KEMAMPUAN BERLEBIH PESERTA DIDIK

  • Tes IQ (Intelligence Quotient)
  • Tes inventori
  • Wawancara
  • Pengamatan (observasi)

Jenis Pembelajaran Pengayaan


Kegiatan Eksplorasi
Kegiatan yang dirancang untuk disajikan kepada peserta didik. Sajian dimaksud dapat berupa peristiwa sejarah, buku, tokoh masyarakat, yang secara regular tidak tercakup dalam kurikulum.

Keterampilan Proses
Kegiatan yang diperlukan oleh peserta didik agar berhasil dalam melakukan pendalaman dan investigasi terhadap topik yang diminati dalam bentuk pembelajaran mandiri.

REKOMENDASI KAMI
Pedoman Penilaian Angka Kredit Guru Tahun 2017

Pemecahan Masalah
Program yang diberikan kepada peserta didik yang memiliki kemampuan belajar lebih tinggi berupa pemecahan masalah nyata dengan menggunakan pendekatan pemecahan masalah atau pendekatan investigatif

Bentuk  Pelaksanaan Pembelajaran Pengayaan
Pembelajaran Berbasis Tema
Memadukan kurikulum di bawah tema besar sehingga peserta didik dapat mempelajari hubungan berbagai disiplin ilmu.

Pemadatan Kurikulum
Pemberian pembelajaran hanya untuk kompetensi materi yang belum diketahui peserta didik

Penilaian
Sebagai bagian integral dari kegiatan pembelajaran, kegiatan pengayaan ini tidak lepas dengan penilaian.  Penilaian hasil belajar kegiatan pengayaan  tidak sama dengan kegiatan pembelajaran biasa tetapi cukup dalam bentuk portofolio dan harus dihargai sebagai nilai lebih dari peserta didik yang lainnya 

0/5 (0 Reviews)